Pages

Wednesday, December 28, 2016

Buah Saru Buruan Anak 90an: J*mb*t-J*mb*t*n.

gambar asli jepretan saya pribadi
Ya, kali ini saya akan bahas Buah yang menghiasi masa kecil atau masa lalu anak 90an. Nama buah ini adalah JEMBUT-JEMBUTAN. Orang Jogja(Orang Jawa) menyebut buah itu dengan nama itu. Sedangkan nama Indonesianya adalah Rambusa (berdasarkan Wikipedia). Aneh, ya memang namanya terdengar aneh. Malah kelihatan saru. Karena namanya mirip dengan bagian tubuh manusia yang lekat dengan alat vital. Saya sendiri kurang tau pasti asal usul nama ini, tapi kalau dilihat dari bentuknya memang menyerupai dan mengingatkan akan hal itu. Dulu anak-anak kecil di daerah saya (Jogja Kota) sering memburu buah ini. Rasanya lumayan enak untuk orang yang "nggragas", hehehe... Buah ini tumbuh merambat. Sering di temui di semak belukar, kebun, tepi sawah atau tepi sungai. Buah ini berwarna hijau jika masih muda. Dan akan berubah warna menjadi kuning atau oranye jika sudah masak. Seiring berjalannya waktu dan kemajuan jaman, Kota Jogja kian lama kian berubah, lahan-lahan kosong area bermain anak pun kini berubah ditumbuhi rimbunnya besi-besi beton, Mall, Hotel, dan sebagainya. Sampai-sampai untuk mencari buah ini jadi sangat susah terutama di daerah kota. Sempat saya kaget, senang bercampur jadi satu karena tak menyangka karena saya akhirnya dapat menemukan tumbuhan dan buah ini di salah satu pulau di Kepulauan Seribu saat saya berlibur di Pulau Tidung pada tahun 2013. Langsung saja spontan mengabadikannya ke dalam foto dan menyimpannya baik-baik. Hingga tiba saatnya saya menuliskannya kedalam coretan di Blog ini.

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +